Apakah Suplemen Collagen Aman untuk Ibu Hamil?

Apakah Suplemen Collagen Aman untuk Ibu Hamil


Banyak wanita yang tertarik mengkonsumsi suplemen collagen, termasuk wanita hamil. Keadaan ibu hamil perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi minuman kolagen, supaya bayi yang dikandungnya sehat. Tidak heran bila ibu hamil mencoba berbagai cara untuk menjaga kesehatan bayi.

Collagen adalah protein dalam tubuh yang berfungsi menjaga kulit dan jaringan tubuh. Seiring bertambahnya usia, produksi collagen akan berkurang karena adanya perubahan gaya hidup dan paparan sinar matahari. Untuk tetap menjaga kadar collagen dalam tubuh, sebagian orang mengonsumsi suplemen collagen, termasuk ibu hamil. Selain untuk kesehatan dan kecantikan kulit, banyak manfaat dari minuman collagen untuk ibu hamil.

Manfaat Suplemen Collagen untuk Ibu Hamil

15 Contoh Makanan Berprotein Tinggi untuk Anak | Popmama.com

1.) Mengandung protein

Collagen yaitu jenis protein yang bisa memenuhi kebutuhan protein secara keseluruhan serbuk collagen terdiri dari asam amino atau bahan penyusun semua protein. Ada pun, collagen merupakan protein paling melimpah yang bisa ditemukan di tulang, otot, kulit, dan tendon manusia. Suplemen collagen dapat mendukung kebutuhan nutrisi untuk memenuhi dosis yang dianjurkan.

Kenali Jenis Osteoporosis dan Cara Mencegahnya - Alodokter

2.) Mencegah Tulang Keropos

Seiring bertambah nya usia, massa tulang akan memburuk umumnya kondisi ini ditandai dengan peningkatan risiko patah tulang. Suplemen collagen memiliki efek pada tubuh yang membantu menghambat kerusakan tulang yang menyebabkan osteoarthritis mengonsumsi suplemen collagen dapat membantu meningkatkan massa otot sehingga menjaga otot tetap kuat dan berfungsi dengan baik.

5 Cara Mudah Membuat Kulit Tangan Terlihat Lebih Muda 10 Tahun, Keriput  Jadi Halus dan Mulus - Tribunnews.com Mobile

3.) Mengencangkan kulit

Collagen bermanfaat bagi kulit, banyak skincare yang memasukkan bahan ini ke dalam produknya. Penelitian mendapati peptida collagen mampu mendukung elastisitas kulit dan kepadatan kulit. Peptida collagen yang terhidrolisis terbukti membantu meningkatkan produksi collagen alami tubuh dengan mendukung fibroblas. Hal ini dapat membantu meningkatkan tingkat hidrasi serta menyangga kulit saat meregang.

Kenali Cara Mengatasi Nyeri Sendi Saat Hamil

4.) Meredakan Nyeri Sendi

Bertambahnya berat badan ketika ibu sedang hamil bisa memberikan tekanan pada sendi. Untuk itu, mengonsumsi collagen bisa membantu meningkatkan mobilitas dan kenyamanan sendi. Agar mencukupi kebutuhan protein harian selama hamil, ibu hamil diperbolehkan  mengonsumsi suplemen untuk asupan protein tambahan. Suplemen collagen dapat dikonsumsi untuk mengatasi gangguan kesehatan yang timbul saat hamil.

REVIEW] Everwhite Hi-Collagen Drinks - FAZKYA ZALICKA

Suplemen Collagen Terbaik untuk Ibu Hamil

Suplemen collagen, yaitu jenis collagen buatan atau diekstraksi sumber setiap suplemen collagen pun berbeda, ada yang terbuat dari kulit sapi, tulang rawan ikan, dada ayam, dan sisik ikan. Everwhite, yaitu brand yang awalnya mengeluarkan berbagai produk skincare seperti sabun hingga masker wajah. Namun seiring waktu, brand ini mulai berinovasi dengan menciptakan beauty drink, yaitu Everwhite Hi-Collagen Drink.

Everwhite Hi-Collagen Drink mengandung Vitamin C, E, Pro-Gluta, Fiber dan sebagainya yang diolah dengan teknologi nano korea membuat produk ini terbukti aman dikonsumsi. Manfaat mengkonsumsi Everwhite Hi-Collagen antara lain dapat membantu mencerahkan wajah, melembabkan dan menjaga kekenyalan kulit, mencegah penuaan, dektoksifikasi dan lain sebagainya. Sehingga, tidak heran bila suplemen ini banyak diminati semua kalangan beberapa ibu hamil juga mengonsumsinya untuk alasan kecantikan kulit membantu mencegah stretch mark di samping itu, suplemen collagen juga dipercaya bisa mengurangi nyeri sendi, dan memperkuat tulang walaupun baik sebaiknya jangan di konsumsi secara berlebihan.

Suplemen yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Health Liputan6.com

Amankah Suplemen Collagen untuk Ibu Hamil?

Pada saat masa kehamilan tubuh ibu mengalami sejumlah perubahan. Perubahan ini bukan saja yang berdampak pada ibu namun pula janin yang ada di dalam rahim. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memerhatikan dan menjaga kesehatan diri sendiri sekaligus calon bayi yang sedang dikandungnya.
Atas hal tersebut, tidak jarang ibu hamil yang tertarik mengonsumsi suplemen sebagai asupan nutrisi tambahan dalam memenuhi kebutuhan gizi dirinya dan janin. Tapi, perlu diketahui bahwa tidak semua suplemen boleh atau aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Meski terbukti mempunyai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, collagen bukan termasuk vitamin atau suplemen yang disarankan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Sebaliknya, sama seperti suplemen makanan lain, suplemen collagen tidak disarankan untuk dikonsumsi saat hamil tanpa pengawasan atau saran dari dokter. Konsultasi dengan dokter kandungan sebaiknya tetap dilakukan sebelum mengonsumsinya.

Suplemen collagen juga dipercaya mampu meningkatkan elastisitas kulit dan juga memperbaiki mood atau suasana hati dan meredakan kecemasan. Namun, manfaat suplemen collagen untuk ibu hamil tidak selalu konsisten dan dapat berbeda-beda, tergantung dari kondisi kehamilan dan kesehatan ibu. Oleh karena itu, penggunaan suplemen collagen pada ibu hamil sebaiknya hanya dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person