Begini Cara Sederhana Mengatasi Bruntusan Pada Wajah

Begini Cara Sederhana Mengatasi Bruntusan Pada Wajah


Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Bruntusan


Timbulnya masalah kulit di wajah seperti halnya jerawat bruntusan memang sangat mengganggu penampilan kita sebagai wanita. Apalagi jika jerawat bruntusan tersebut muncul di daerah yang sangat terlihat seperti dahi atau pipi. Biasanya wajah bruntusan ini ditandai dengan gatal-gatal dan kemudian munculah bruntusan kecil yang menyerupai jerawat. Bruntusan merupakan masalah kulit yang banyak dialami oleh orang-orang.

Bruntusan di wajah tentunya sangat mengganggu bahkan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bruntusan, seperti karena kamu kurang maksimal saat membersihkan wajah, tidak pernah melakukan eksfoliasi, produk makeup yang tidak cocok atau sudah kadaluarsa, dan masih banyak lagi. Wajah bruntusan tentunya sangat menyulitkan kita saat ingin menggunakan produk kosmetik.

Sebenarnya wajah yang bruntusan tak boleh terlalu sering menggunakan make up, Hal ini dikarenakan jika terlalu sering menggunakan make up tebal, maka brutusan akan sulit hilang. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara-cara yang dapat membantu menghilangkan bruntusan di wajah. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang paling efektif dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1.) Rutin Untuk Membersihkan Wajah

Para Remaja, Ketahui 5 Cara Tepat Membersihkan Wajah Setelah Pulang Sekolah  | BukaReview

Bila kamu mengalami kulit bruntusan yang disertai jerawat, cobalah gunakan pembersih wajah dengan kandungan asam salisilat dan benzoil peroksida. Asam salisilat berfungsi untuk membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya bruntusan, sedangkan benzoil peroksida mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Membersihkan wajah sebelum tidur dengan micellar water bisa membuat kulit wajah lebih sehat selain membersihkan sisa makeup serta kotoran, micellar water pula bisa membantu kurangi produksi minyak yang berlebih di wajah tanpa membuat kulit kering.

Kamu bisa menggunakan everwhite infused micellar cleansing water pembersih wajah, dengan kandungan extract rose dan chamomile mampu menutrisi kulit wajah secara extra, sehingga kulit wajah sehat, cerah tidak kusam dan Fresh. Jika kamu ingin menghilangkan bruntusan, pastikan tidak ada sisa riasan di wajah sebelum tidur. Jika tidak dibersihkan, sisa makeup, debu dan minyak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan breakout. Ingat untuk selalu melakukan double cleansing. (Baca Juga: Obat Jerawat Beruntusan, Iritasi dan Bernanah)

2.) Menggunakan Es Batu

Bisakah Menyembuhkan Jerawat dengan Es Batu? Halaman all - Kompas.com

Cara sederhana untuk mengatasi bruntusan pada wajah yaitu menggunakan es batu. Selain menyegarkan, es batu ternyata juga bisa membantu menghilangkan jerawat pada wajah, tanda penuaan, hingga membantu membersihkan pori-pori. Dinginnya es batu bisa membantu meredakan gatal yang disebabkan oleh ruam. Cara ini juga banyak digunakan untuk menghilangkan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat.

Kamu bisa menggunakan es batu untuk membantu mengatasi masalah jerawat atau bruntusan. Bahkan, cara ini bisa dikatakan cukup populer. Ketika bruntusan muncul, kulit rentan mengalami peradangan atau inflamasi. Nah, es batu ini akan membantu meringankan bengkak, nyeri, dan kemerahan. Penggunaan es batu dipercaya ampuh menyembuhkan bruntusan. Bahkan, banyak yang sudah membuktikannya sendiri.

3.) Menggunakan Cuka Apel

Merawat Kulit Wajah agar Tetap Halus dengan Cuka Apel

Cuka apel memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Cuka apel mengandung asam asetat dan beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B6, dan E. Selain itu, cuka apel juga mengandung potasium, kalsium, dan magnesium. Cara mudah untuk menghilangkan bruntusan di wajah, kamu dapat menggunakan cuka apel. Asam asetat dalam cuka apel sangat cocok untuk mengurangi iritasi dan infeksi kulit.

Untuk melakukannya, Anda hanya cukup oleskan cuka apel ke area kulit dengan kapas. Lalu biarkan kulist wajah beberapa menit. Kemudian ulangi perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam sehari. Anda bisa melakukan ini secara teratur sampai bruntusan di wajah benar-benar hilang.

4.) Menggunakan Pelembab Wajah

Mengalami Hal Ini di Wajah, Tandanya Kamu Memakai Pelembap yang Salah -  Beauty Fimela.com

Banyak yang berpikir bahwa pelembap untuk kulit kering saja, sedangkan kulit berminyak tidak membutuhkannya. Padahal, kulit berminyak juga membutuhkan pelembap. Pada dasarnya, pelembap atau moisturizer berfungsi untuk meningkatkan kadar air dan kelembapan di kulit sehingga kulit tidak akan menjadi kering. Pada kulit yang berminyak, produksi minyak bisa saja berlebihan, tetapi kadar air pada kulit tersebut belum tentu tercukupi.

Apa pun jenis kulit kamu, sebaiknya menggunakan pelembap setidaknya 2 kali sehari. Kamu juga disarankan untuk memakai losion atau gel pelembap berbahan dasar air dan berlabel noncomedogenic untuk kulit yang berminyak. Supaya lebih efektif, kamu pula  bisa memilih pelembap yang mengandung ceramide, asam hialuronat, dimethicone, lanolin, gliserin, urea, atau asam laktat yang baik untuk mengatasi kulit bruntusan.

5.) Melakukan Eksfoliasi Wajah

Sebelum Eksfoliasi Wajah, Berikut 5 Hal yang Harus Anda Pahami

Cara menangani kulit bruntusan yang terakhir adalah dengan melakukan eksfoliasi. Namun, kamu hanya perlu melakukannya sebanyak 1 atau 2 kali saja dalam seminggu. Eksfoliasi kulit bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan memperhalus tekstur permukaan kulit yang tidak rata. Ada dua jenis produk eksfoliasi yang bisa digunakan, yaitu eksfoliator mekanis dan kimiawi. Eksfoliator mekanis dapat berupa scrub wajah dan penggunaan alat tertentu tanpa bahan kimia, seperti handuk basah yang dicelupkan ke air hangat.

Apabila Anda menggunakan scrub wajah, gunakanlah scrub yang lembut supaya tidak mengiritasi kulit wajah. Sementara itu, eksfoliator kimiawi umumnya menggunakan zat tertentu, seperti asam alfa hidroksil (AHA), asam salisilat, asam laktat, asam glikolat, atau urea. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk yang mengandung retinoid atau retinol untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Nah, itulah sejumlah cara menangani kulit bruntusan yang bisa kamu coba. Tentunya untuk mendapatkan wajah yang mulus dan sehat diperlukan usaha yang konsisten.

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person