Cara Termudah Mengetahui Skincare Sesuai Jenis Kulit Wajah

Skincare Untuk Kulit Wajah


Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa menggunakan skincare dengan kandungan yang sama. Jika salah menggunakan skincare, maka bisa membuat kulit iritasi. Apalagi skincare memiliki kandungan yang berbeda-beda pada setiap jenis kulit. Nah, sebelum membeli skincare kenali dulu jenis kulit anda, lalu pilih kandungan skincare yang bisa membantu mengatasi masalah kulitmu.

Semua perempuan pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan terjaga kecantikannya selain mencukupi asupan nutrisi, menjaga kecantikan kulit juga bisa didapatkan dari perawatan luar menggunakan skincare. Pada dasarnya, memilih skincare yaitu memilih kebutuhan kandungan yang tepat untuk kebutuhan kulit anda sendiri. Langkah pertama yang dapat anda lakukan sebelum membeli serum atau skincare yaitu mengenali jenis kulit.

Jangan terkecoh, terkadang anda memiliki pendapat yang berbeda dengan para ahli. Untuk itu, sebaiknya bertanyalah terlebih dahulu mengenai jenis kulit yang anda miliki. Sebab, salah mengenal jenis kulit akan berakibat pada salahnya skincare yang akan di beli.

Jadi, bahan-bahan seperti apa yang dibutuhkan dalam skincare anda?

1. Jenis Kulit Berminyak

Kulit berminyak memiliki banyak peran untuk kulit, karena bisa membuat wajah tidak mudah keriput. Namun memiliki kulit berminyak merupakan masalah bagi perempuan. Kulit berminyak bisa menyebabkan komedo, pori-pori besar serta jerawat. Kulit berminyak memiliki tendensi untuk lebih cepat mengeluarkan minyak pada semua bagian wajah, bukan hanya area T. Untuk merawat kulit berminyak dengan serum kenalilah bahan yang digunakan untuk membuat serum tersebut. Bahan terbaik untuk merawat kulit berminyak yaitu:

  • Dimethicone, bahan ini baik untuk melembabkan kulit berminyak tanpa menutup pori kulit sehingga jidak akan menimbulkan komedo
  • Glycolic Acid, bahan ini sangat baik untuk mengontrol jumlah minyak yang dikeluarkan oleh pori kulit wajah
  • Niacinamide, bahan yang terkenal untuk mencerahkan wajah ini ternyata mampu menyerap minyak berlebih pada wajah
  • Hyaluronic Acid, merupakan salah satu pelembab yang tidak terlalu berat untuk kulit berminyak
  • Salycilc Acid, bahan ini mampu masuk ke dalam pori dan menyerap minyak. Meski lebih banyak digunakan pada pembersih


Everwhite Cica Soothing Serum dapat membantu mengatasi kulit berminyak, memiliki kandungan Centella asiatica (CICA), Hyaluronate, Glyzirrhinate, dan Hexamidine. Serum ini bisa merawat dan melembabkan kulit yang berjerawat, menyerap dengan cepat ke dalam kulit.

Kandungan Centella asiatica (CICA) sebagai sumber antioksidan dapat menenangkan, mengurangi peradangan, mencegah iritasi pada kulit berjerawat, serta memudarkan bekas jerawat. Hindari serum ataupun skincare yang mengandung alkohol, karena Alkohol dapat menyerap kadar air di kulit, sehingga merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak. Kulit berminyak akan seperti kilang jika anda terus menggunakannya.

2. Jenis Kulit Kering

Kulit kering yaitu kulit yang rentang akan keriput. Terkadang pada kulit kering juga terlihat garis-garis halus. Pemilik kulit kering juga memiliki kulit yang terlihat kusam. Kulit kering bisa terjadi karena hormon atau perubahan iklim. Kulit kering terjadi akibat kurangnya asupan air dalam tubuh sehingga kadar air dalam kulit menurun. Akhibatnya, kulit terlihat kasar dan gersang pilihlah serum yang mengandung bahan berikut ini untuk merawatnya dan mencegah kulit kering:

  • Glycolic Acid, bahan ini mengontrol minyak di kulit, sehingga apabila kulit kekurangan minyak maka bahan ini akan merangsang untuk menghasilkan minyak agar kulit tidak kering.
  • Aloe Vera ekstrak, ekstrak aloe vera sangat efektif untuk melembabkan kulit kering
  • Lactic Acid, fungsinya kurang lebih sama dengan glycolic acid namun lebih lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Ceramides, terbuat dari saturasi lemak yang berfungsi untuk melembabkan dan melembutkan kulit kering yang cukup parah.
  • Hyaluronic Acid, bahan ini merupakan pelembab yang hampir selalu cocok digunakan pada semua jenis kulit.

Bahan yang harus anda hindari dalam serum atau kosmetik ketika anda memiliki kulit kering adalah:

  • Retinoid
  • Benzoyl Peroxide
  • Alcohol
  • Salicylic acid
  • Pewangi

Bahan tersebut dapat membuat kulit kering anda akan semakin kering dan terasa sangat kasar. Untuk itu, hati-hatilah sebelum membeli skincare.

3. Jenis Kulit Normal

Memiliki kulit jenis normal harus anda syukuri. Hal ini karena kulit normal lebih mudah perawatannya dibanding jenis kulit yang lain. Meskipun begitu, anda tetap harus hati-hati dalam memilih skincare. Tidak perlu pusing memikirkan perawatan kulit normal. Kunci perawatan kulit normal adalah dengan rutin membersihkan, melembapkan, dan melindungi dari paparan sinar matahari berlebih dan polusi.


Gunakan produk skincare Everwhite Brightening Essence Serum yang mengandung chroma bright, niacimide, hyaluronate, dan vit C. Memiliki formula ringan, sehingga dapat menyerap ke dalam kulit. Diperkaya dengan chroma bright kandungan yang dapat mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam pada wajah, sangat cocok dipakai untuk jenis kulit normal. Nah, berikut adalah bahan terbaik untuk merawat kulit anda.

  • Dimethicone
  • Hyaluronic Acid
  • Panthenol, bahan ini mampu mengunci kelembapan kulit secara sempurna sehingga kondisi kulitmu akan senantiasa terasa lembab.
  • Alga ekstrak, bahan ini cocok digunakan untuk melembutkan dan menenangkan. Utamanya kulit yang sensitif.

4. Jenis Kulit Berjerawat

Jerawat merupakan masalah kulit paling umum yang dimiliki perempuan, karena jerawat ini bisa disebabkan oleh hormon, stres dan kulit yang sensitif. Memiliki kulit berjerawat pasti sangat menyebalkan, tentunya anda ingin segera terbebas dari jerawat yang menyerang kan? Pilihlah skincare yang mengandung bahan berikut ini untuk merawat kulit berjerawatmu.

  • Retinol, bahan ini digunakan untuk membersihkan pori kulit yang tersumbat. Bahan ini dapat mengeksfoliasi pori kulit yang tertutup dan menimbulkan komedo maupun jerawat.
  • Benzoyl peroxyde, bahan aktif ini sangat efektif untuk melawan seluruh bentuk jerawat yang ada di kulit.
  • AHA, bahan ini berguna untuk membersihkan pori kulit yang tersumbat sehingga jerawat akan menghilang dari kulitmu. Namun, seringkali bahan ini menyebabkan purging untuk mengeluarkan seluruh kotoran dalam pori.
  • BHA, mampu mempenetrasi pori lebih dalam sehingga efektif untuk komedo white head.

Jika anda memiliki kulit yang berjerawat dan berbekas, maka hindarilah penggunaan kosmetik yang bersifat comedogenic. Hal ini karena kurang lebih ada beberapa jenis bahan yang termasuk comedogenic, cirinya adalah mengandung saturasi lemak dan minyak.

5. Jenis Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah kulit yang memproduksi minyak berlebih di beberapa area wajah, dan juga memiliki kulit kering di beberapa daerah wajah. Jika anda memiliki kulit kombinasi, maka lihatlah pada kulitmu cenderung pada jenis kulit apa. Anda bisa memilih skincare sesuai dengan kecenderungan tipe kulit yang anda miliki. Untuk mengetahui kulit kombinasi sebaiknya konsultasikan pada ahli kulit agar anda tidak salah mengenali jenis kulit yang anda miliki. Salah skincare maka kondisi kulit anda dipertaruhkan.

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person