Hentikan 6 Kebiasaan Ini Agar Ketiak Tidak Hitam

Ketiak Tidak Hitam


6 Cara Agar Ketiak Tidak Hitam dan Kusam


Meski tidak terlalu terlihat, bagian ketiak juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketiak hitam. Daerah lipatan kulit seperti siku, belakang lutut, dan ketiak biasanya sering terlihat lebih gelap daripada bagian tubuh lain. Hal ini disebabkan area lipatan lebih tebal dan lembap sehingga kelenjar keringat dan pori-pori rentan mengalami permasalahan kulit, termasuk perubahan warna kulit.

Tidak hanya bagian tertentu saja, akibat luka yang dapat menghitam juga kadang menjadi bermasalah. Tetapi ketiak pula dapat menghitam dan hal ini dapat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Apalagi, ketika sedang menggunakan pakaian tanpa lengan, pasti orang jadi tidak tenang saat mengangkat tangan. Ketiak hitam biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari genetik hingga kebiasaan.

Buat kamu yang memiliki masalah ketiak yang menghitam kamu bisa menggunakan Everwhite Chromabright Axillary Cream. Produk ini bisa memutihkan ketiak yang hitam dalam sekejap. Daripada sembarangan beli krim pemutih ketiak di toko online yang belum tentu aman, lebih baik memakai produk Everwhite. Karena ketiak hitam terjadi akibat beberapa kebiasaan yang sebaiknya kamu hentikan segera.

1.) Mencukur Ketiak Tidak Rata

Ini 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak yang Ampuh - Alodokter

Penyebab ketiak hitam yaitu terlalu sering mencukur ketiak, ketika mencukur rambut halus di ketiak pastikan kamu menggunakan pisau cukur yang tajam. Pisau cukur yang kotor dan tumpul bisa memicu iritasi pada kulit, inilah yang akan membuat ketiak jadi mudah timbul dan gelap.

Ketika kamu terlalu sering mencukur dan mencukurnya secara tidak benar, hal ini akan menyebabkan iritasi dan membuat ketiak hitam. Memang benar jika mencukur ketiak dapat menghilangkan rambut, namun tidak akan mencabut ke akarnya, sehingga folikel rambut tetap masih ada di bawah permukaan. Sebaiknya jika kamu ingin menghilangkan rambut pada ketiak, kamu bisa melakukan cara lain, yakni perawatan laser atau waxing.

2.) Pemakaian Deodoran Tidak Tepat

Cara Menggunakan Antiperspirant dan Deodoran yang Tepat, Mengatasi Masalah  Ketiak - Semua Halaman - Grid Health

Pasti banyak diantara kita yang selalu menggunakan deodoran setiap kali pergi atau setelah mandi. Walaupun bisa membuat ketiak lebih wangi, namun nyatanya penggunaan deodoran bisa menyebabkan ketiak menjadi hitam. Tak hanya itu, terkadang terdapat deodoran yang mengandung alkohol, paraben, dan zat kimia lainnya yang bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit ketiak.

Fungsi utama deodoran, yaitu menghilangkan bau tidak sedap. Namun, jika terdapat kandungan aktif di dalam deodoran, seperti alumunium justru bisa membuat kulit jadi iritasi dan menyebabkan ketiak lebih gelap. Pasalnya, kandungan ini dipercaya dapat menutup produksi keringat. Jadi, perhatikan selalu deodoran sebelum menggunakannya. Tak ada salahnya jika kamu mengganti penggunaan deodoran ke deodoran alami.

3.) Tidak Membersihkan Ketiak dengan Benar

Mana Cara yang Lebih Baik untuk Membersihkan Bulu Ketiak, Mencukur atau  Mencabut? - Semua Halaman - Nakita

Tak hanya wajah saja yang perlu dibersihkan dengan benar, ketiak pun juga harus dibersihkan dengan tepat. Termasuk melakukan eksfoliasi, fungsi dari eksfoliasi ini adalah mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih halus dan bersih, sehingga area ketika terlihat hitam.

Penumpukan sel kulit mati juga dapat membuat kulit ketiak menjadi hitam. Hal ini disebabkan kurang rajin membersihkan ketiak dan melakukan scrubbing secara rutin. Bahkan kumpulan sel kulit yang mati dapat membuat kulit menjadi kusam dan kering. Oleh karena itu kamu bisa rutin melakukan scrub agar dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan sel kulit mati, sehingga ketiak kamu dapat terlihat bersih kembali.

4.) Menyemprotkan Parfum ke Ketiak

Jangan Asal Semprot! Ternyata 5 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Diberi Parfum

Memakai parfum pada bagian ketiak sebaiknya tidak dilakukan, karena kulit ketiak hitam disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini muncul ketika seseorang berkeringat, tidak menjaga kebersihan, dan lingkungan sekitar yang lembap.

Ciri-ciri jika terjadi infeksi bakteri yaitu munculnya bercak cokelat kemerahan yang sedikit bersisik dengan tepi yang jelas, biasanya bercak ini akan membuat ketiak menjadi gatal dan kemerahan. Hal ini karena, parfum mengandung alkohol yang sangat tinggi, sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan juga membuat ketiak jadi lebih gelap. Maka dari itu, harus dibiasakan untuk tidak menggunakan parfum ke area ketiak.

5.) Merokok Membuat Ketiak Hitam

Bertahun-tahun Pakai Semprotan, Bau Rokok di Rumah Susah Hilang, Tahunya  Malah Lenyap Seketika Cuma Pakai Bahan di Rak Dapur Ini - Semua Halaman -  Sajian Sedap

Ternyata merokok juga bisa memengaruhi tampilan kulit terutama ketiak Anda. Salah satunya adalah hiperpigmentasi, biasanya orang yang merokok cenderung memiliki kulit ketiak yang lebih gelap daripada orang yang tidak merokok. Hal ini karena nikotin yang terkandung dalam rokok sangat jahat. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengurangi kebiasaan merokok, mengingat rokok juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

6.) Memakai Pakaian Terlalu Ketat

Hentikan Kebiasaan Ini Agar Ketiak Tidak Mudah Hitam! | Womantalk.com |  LINE TODAY

Penggunaan pakaian yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan gesekan pada kulit ketiak, sehingga menyebabkan ketiak hitam. Bahkan pakaian yang ketat juga dapat membuat kulit iritasi. Usahakan kamu menggunakan pakaian yang longgar dan tidak menimbulkan gesekan pada kulit.

Itulah beberapa penyebab ketiak hitam yang sebaiknya kamu hindari, tak hanya salah memilih pakaian, tetapi banyak hal lain yang bisa menyebabkan ketiak hitam. Untuk kamu yang ingin menghilangkan ketiak hitam bisa menggunakan Everwhite Chromabright Axillary Cream. Produk ini bisa membantu mencerahkan dan merawat area ketiak, karena diperkaya dengan kandungan Niacinamide atau Vitamin B3.

Chromabright, yaitu zat aktif yang mampu menghambat pembentukan enzim tyrosinase. Bertanggung jawab terhadap proses pigmentasi kulit, sehingga dapat membuat area lipatan kulit tampak lebih cerah. Kandungan Ceramide bermanfaat untuk melapisi kulit terluar serta menjaganya agar tetap halus dan lembab dengan wangi yang lebih segar dan tahan lama, serta dengan formula yang tidak lengket di kulit.

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person