Ini Dia Penyebab Maskne & Cara Mengatasi Jerawat Akibat Pakai Masker

Penyebab Maskne dan Cara Mengatasinya


Masalah kulit wajah memang menjadi momok bagi banyak orang, meskipun di masa pandemi seperti saat ini. Pandemi tentu menuntut kita untuk selalu mengenakan masker kemana pun. Sayangnya, penggunaan masker tidak jarang membuat wajah berjerawat alias mengalami maskne.

Maskne alias Mask-Acne kerap menimbulkan masalah ketidakpercayaan diri, apalagi letak jerawat yang memang selalu berada di area hidung, pipi, atau dagu yang tertutup masker. Tentu kamu perlu mencari solusi yang tepat untuk menuntaskannya.


Penyebab Munculnya Maskne

Maskne tidak hanya timbul karena penggunaan masker semata. Ada sejumlah hal lain yang bisa menjadi penyebab terjadinya maskne, diantaranya:

  • Gesekan kulit dengan masker

Penyebab utama dari timbulnya maskne adalah gesekan yang terjadi antara kulit wajah dengan masker yang kemudian malah membuat kulit menjadi lecet dan iritasi. Kondisinya juga akan lebih parah jika seseorang diketahui memiliki kulit sensitif atau berminyak.

  • Kotoran, debu, atau sisa make up

Jerawat maskne juga dapat timbul akibat adanya debu, kotoran, atau sisa make up yang menempel di masker dan kemudian malah menyebabkan pori-pori wajah menjadi tersumbat. Kotoran yang menempel ini sudah pasti juga akan membuat wajah menjadi mudah kotor dan gampang berjerawat.

  • Udara yang sangat lembab

Penyebab lain yang dapat menimbulkan terjadinya maskne adalah udara dalam masker yang menjadikannya lembab. Misalnya dari keringat atau hembusan napas dan tidak adanya sirkulasi yang baik dalam masker menjadikannya tempat yang tepat bagi bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan jerawat dan kondisi kulit lain pada wajah.

  • Alergi & penggunaan masker yang tidak tepat

Timbulnya alergi dapat disebabkan oleh masker yang dipakai berulang kali atau masker kain yang tidak dicuci secara tepat. Kondisi inilah yang kemudian membuat masker menjadi sumber pertumbuhan bakteri yang menempel ke kulit wajah.

Lantas Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengatasi maskne yang mengganggu penampilan memang tidak boleh sembarangan. Ada baiknya jika kamu menjalankan sejumlah cara untuk menghindari dan menuntaskan permasalahan jerawat di area penggunaan masker. Berikut sejumlah cara yang disarankan.

1. Menggunakan masker secara bijak

Pencegahan yang pertama dapat dilakukan adalah senantiasa menggunakan masker dengan baik dan tepat. Jika menggunakan masker bedah atau masker dengan bahan lainnya, pastikan tidak memakainya secara berulang-ulang atau malah memakainya seharian penuh.

Kamu perlu mengganti masker beberapa kali sehari tergantung dari pemakaian, apakah di luar rumah atau tidak. Jika sudah terasa lembab, segeralah ganti masker tersebut. Jadi, pastikan kamu selalu membawa masker cadangan apabila bepergian ke luar rumah.

Hal ini juga berlaku saat kamu memakai masker kain. Pastikan kamu menggunakan masker yang sudah benar-benar kering dan bersih. Cucilah masker setelah dipakai, disarankan untuk mencucinya dengan menggunakan air panas untuk membunuh kuman yang menempel di permukaan kain.

2. Hindari penggunaan make up terlalu tebal

Meskipun menggunakan masker, kamu juga masih bisa memakai make up. Kendati demikian, akan lebih baik jika make up yang digunakan cenderung bersifat ringan dan tidak terlalu tebal. Pulasan yang terlalu tebal justru akan menempel pada masker dan menimbulkan kotoran. Kotoran inilah yang kemudian dapat menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan jerawat.

Jangan lupa juga untuk senantiasa mencuci wajah setelah menggunakan masker. Hal ini untuk menghilangkan kotoran yang menempel sekaligus menghindari terjadinya penumpukan kotoran. Akan lebih baik jika melakukan double-cleansing sehingga benar-benar bersih dan terawat.

3. Menggunakan skincare yang tepat

Salah satu cara ampuh untuk menuntaskan jerawat pada area yang ditutupi masker tentu saja melalui penggunaan skincare yang tepat dan sesuai kondisi kulit. Ada banyak jenis skincare yang bisa kamu gunakan, namun yang paling direkomendasikan tentu saja Everwhite Acnepair Series.

Kandungan utama dari produk ini adalah AHA, BHA, dan CICA. AHA merupakan senyawa yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah yang terlihat kusam serta ampuh menyamarkan noda hitam bekas jerawat. BHA berfungsi mengangkat sel kulit mati hingga ke dalam pori-pori dan mengontrol minyak berlebih. Sementara CICA berperan sebagai antioksidan untuk menenangkan kulit kemerahan akibat jerawat.

Dalam satu paket Everwhite Acnepair Series seharga Rp199.000 ini, kamu akan mendapatkan Acnepair Facial Wash (100 gram), Toner (100 ml), dan Cream (15 gram). Adapun cara penggunaannya juga sangat mudah, yakni sebagai berikut.

  • Cuci wajah terlebih dahulu dengan Everwhite Facial Wash dan jangan lupa bilas hingga bersih
  • Setelah dikeringkan, pakailah Everwhite Toner dengan menggunakan kapas yang ditepuk-tepukkan ke wajah
  • Selanjutnya, totol atau oles Everwhite Cream pada bagian yang berjerawat
  • Lakukan langkah-langkah ini secara rutin

Itulah beberapa hal mengenai cara mengatasi maskne yang sering menjadi masalah banyak orang saat ini. Bagaimana menurutmu?

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person