Ini Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Ini Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan


Memakai skincare routine yang berlapis tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan jenis kulit. Hal ini karena ada beberapa kandungan yang dalam skincare yang tidak boleh dipakai secara bersamaan. Semakin banyak skincare yang bermunculan dengan beragam manfaat dan kandungan. Saat ini banyak sekali tips kecantikan yang menyarankan untuk menggunakan skincare berlapis pada skincare routine supaya dapat memaksimalkan perawatan wajah. Namun, bagi kamu perlu memahami kandungan yang terdapat dalam skincare sebelum memakai skincare routine berlapis.

Mungkin kamu tidak asing jika mendengar kata niacinamide, hyaluronic acid, retinol atau AHA/BHA. Ini adalah jenis kandungan yang sering ditemui pada skincare. Kandungan skincare tersebut memiliki banyak manfaat yang dapat menjaga kecantikan dan kesehatan kulit kamu. Namun, ada beberapa kandungan yang di dalamnya tidak boleh dipakai bersamaan, sebab dapat membuat wajah menjadi bermasalah. Apa saja kombinasi kandungan skincare yang tidak boleh dipakai secara bersamaan. Berikut kandungan skincare yang tidak boleh dipakai secara bersamaan.

1.) AHA/BHA dan Retinol

aha bha peeling

Retinol, alpha hydroxy acid (AHA), dan beta hydroxy acid (BHA) menjadi tiga kandungan skincare ampuh yang dapat mengatasi berbagai masalah dalam kulit seperti jerawat, kusam, noda, sampai tanda-tanda penuaan. Namun jika tiga kandungan ini dipakai secara bersamaan baik retinol dengan AHA atau retinol dengan BHA bisa berpotensi membuat kulit menjadi kemerahan karena iritasi. Hal ini disebabkan retinol berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel kulit sedangkan AHA atau BHA berfungsi untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Apabila dipakai secara bersamaan seolah-olah kamu menyuruh kulit untuk melakukan banyak hal sehingga kulit malah over eksfoliated. Oleh karena itu, retinol tidak boleh dicampur dengan AHA atau BHA karena memiliki risiko merusak kulit. Kamu bisa menggunakan salah satu di antara keduanya pada waktu yang berbeda.

2.) Benzoyl Peroxide dan Retinol

Kandungan skincare yang tidak boleh dipakai secara bersamaan lainnya yaitu retinol dan benzoyl peroxide. Kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat pasti sudah tidak asing mendengar kandungan skincare ini.

Kedua kandungan ini memang dikenal dapat membantu mengatasi masalah jerawat, tapi bukan berarti keduanya bisa dipakai bersamaan. Nyatanya, jika kedua kandungan ini dipakai bersamaan maka akan membuat kulit kamu akan menjadi kering, kemerahan dan mengelupas. Selain itu, jika dipakai secara bersamaan maka akan mematikan manfaat zat aktif satu sama lain.

3.) Vitamin C dan Niacinamide

Jual [NEW PACKAGING] EVERWHITE NIACINAMIDE BRIGHTENING SERUM  Indonesia|Shopee Indonesia

Vitamin C dan niacinamide bisa mengatasi masalah pigmentasi, mengurangi kemerahan pada kulit serta meratakan warna kulit. Namun, penggunaan vitamin C dan niacinamide secara bersamaan ternyata tidak disarankan. Hal ini dikarenakan vitamin C dan niacinamide dapat saling mengurangi keefektifan masing-masing zat aktif tersebut. Selain itu, menggunakan vitamin C dan niacinamide secara bersamaan juga dapat meningkat risiko kulit kemerahan dan membuat warna kulit tidak merata. Meski reaksi yang mungkin terjadi pada setiap orang berbeda-beda, namun alangkah baiknya jika kamu menghindari pemakaian vitamin C dan niacinamide secara bersamaan. Sebagi solusi, kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung vitamin C di pagi hari dan niacinamide di malam hari.

4.) Vitamin C dan Peptide

Everwhite Peptide Anti Aging Serum (New) Original Produk 100% | Lazada  Indonesia

Kamu harus berhati-hati jika kamu ingin menggunakan kandungan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit, sebab selain tidak cocok dipakai bersamaan dengan niacinamide, vitamin C juga tidak cocok dipakai bersamaan dengan peptide. Vitamin C akan teroksidasi dan berubah warna jika digunakan bersamaan dengan peptide, sehingga vitamin C tidak bisa memberikan manfaat secara maksimal. Jadi, sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin C pada siang hari. Sementara itu, gunakan produk skincare Peptide pada malam hari agar khasiatnya lebih efektif di kulit.

5.) Glycolic Acid dan Azelaic Acid

Jual Everwhite BE BRIGHT Essence Toner / EVER WHITE E Indonesia|Shopee  Indonesia

Glycolic acid memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi dan meremajakan kulit, sedangkan azelaic acid bersifat antimikroba serta eksfoliasi. Kedua kandungan ini jangan dipakai secara bersamaan, sebab akan berdampak buruk untuk kulit. Jika kamu memakainya secara bersamaan maka akan membuat kulitmu mengelupas, terasa terbakar dan perih. Maka sebaiknya gunakan produk skincare dengan kedua kandungan ini secara terpisah.

6.) Vitamin C dan Benzoil Peroksida

Jual Everwhite Brightening Essence Serum - With Chroma Bright, Vitamin C,  Hyaluronate by Ever White Indonesia|Shopee Indonesia

Vitamin C juga tidak dapat digunakan bersamaan dengan benzoil peroksida. Zzat benzoil peroksida akan mengoksidasi vitamin C sehingga berubah warna dan tidak dapat bekerja dengan efektif. Jadi, lebih baik pilih salah satu,  skincare dengan kandungan vitamin C atau Benzoil Peroksida.

7.) Vitamin C dan Retinol

Masih dengan vitamin C, ternyata vitamin C juga tidak dapat dipakai bersamaan dengan retinol. Kedua zat ini baru bisa bekerja pada kondisi pH yang berbeda. Retinol dapat aktif pada kadar pH lebih tinggi alias basa, sedangkan vitamin C hanya bisa efektif pada kadar pH rendah atau asam. Sehingga jika keduanya dipakai bersamaan maka tidak akan bekerja secara efektif.

8.) Vitamin C dan AHA atau BHA


EVERWHITE, Acnepair Toner 100ml | Watsons Indonesia

Kedua kandungan ini juga tidak bisa kamu gunakan secara bersamaan, karena akan menurunkan tingkat efektivitas kedua kandungan tersebut. Kedua kandungan tersebut sama-sama membuat kulit tampak halus dan cerah. Namun, penggunaan AHA/BHA dan vitamin C jika dipakai secara berlapis justru berisiko menyebabkan iritasi serta menurunkan khasiat masing-masing kandungan skincare ini. Jadi, sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin C pada siang hari. Sementara itu, gunakan produk skincare AHA atau BHA pada malam hari agar khasiatnya lebih efektif di kulit. Penggunaan AHA atau BHA juga lebih baik digunakan 2-3 kali seminggu untuk mengeksfoliasi kulit.

9.) Niacinamide dan AHA


3 Rekomendasi Serum AHA BHA PHA Mulai Rp 20 Ribuan untuk Eksfoliasi! -  Semua Halaman - Stylo

Niacinamide tidak dapat digunakan secara bersamaan dengan AHA, hal ini disebabkan niacinamide yang merupakan bentuk vitamin B, dapat memperbaiki kulit kering atau rusak dengan meningkatkan elastisitas kulit. Bila niacinamide digunakan bersamaan dengan AHA, maka akan memproduksi asam nikotinat. Asam nikotinat yang dihasilkan ini ternyata dapat membuat iritasi kulit.

10.) Oil Based dan Water Based

Bukan hal yang asing lagi bahwa minyak dan air memang tidak bisa menyatu, hal ini juga berlaku pada perawatan wajah. Formula skincare oil based dapat menghalangi produk skincare water based dalam penyerapan ke kulit sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat dalam skincare yang tidak bisa dipakai secara bersamaan, tentunya masih banyak lagi kandungan skincare yang tidak bisa kamu pakai secara bersamaan. Apabila kamu ingin menggunakan skincare routine yang berlapis maka kamu perlu jeli lagi terhadap kandungan yang terdapat pada skincare. Untuk itu, sebaiknya sebelum mencoba menggunakan skincare, cari tahu dulu kandungan yang terdapat di dalamnya dan apakah aman jika dipakai secara bersamaan dengan kandungan lain.

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person