Ini Urutan Basic Skincare yang Tepat untuk Para Pemula

Ini Dia Urutan Basic Skincare yang Tepat Untuk Kamu Pemula


Perawatan wajah adalah kebutuhan wajib bagi setiap wanita dengan jenis kulit apapun. Tidak jarang, masih banyak perempuan yang beranggapan bahwa menggunakan skincare merupakan hal yang merepotkan. Untuk menjaga kulit wajah yang sehat dan awet muda, urutan pemakaian skincare yang benar harus diperhatikan agar tidak sampai salah menggunakan urutan menggunakan skincare.

Bahkan beberapa dari mereka masih merasa bingung bagaimana urutan menggunakan skincare secara benar. Padahal, menggunakan produk skincare dengan urutan yang tepat merupakan kunci penting untuk mendapatkan hasil yang optimal dan mengatasi permasalahan kulit yang dialami. Tentunya sebagai pemula, kamu harus tahu tahapan memakai skincare. Karena dalam pemakaiannya, penting sekali memperhatikan urutannya supaya membantu kinerja skincare agar bekerja lebih efektif. Nah, agar lebih paham, berikut ini urutan skincare yang tepat bagi pemula.

1.) Cleansing

Double Cleansing Setiap Hari, Pentingkah? - Martha Tilaar Blog

Membersihkan muka adalah bagian dasar dari perawatan wajah. Baik di pagi hari setelah bangun tidur maupun setelah seharian beraktifitas di malam hari, kamu wajib membersihkan wajah sebelum mandi. Cara pembersihan yang dianjurkan yaitu dengan double cleansing alias tak hanya mencuci wajah dengan sabun, tapi sebelumnya membersihkan wajah dengan makeup remover atau cleansing oil guna mengangkat sisa makeup dan kotoran.
Setelah melakukan tahap ini baru dilanjutkan tahap pembersihan dengan sabun wajah atau water based cleanser. Meski sekarang banyak produk micellar water dengan slogan tak perlu bilas, sebaiknya tetap mencuci muka lagi untuk hasil bersih maksimal.

2.) Facial Wash

Cek Yuk Perbedaan Facial Foam Dan Facial Wash ·

Facial wash sebagai salah satu rangkaian yang wajib dipakai. Facial wash ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah dari minyak, keringat, kotoran, serta sisa-sisa skincare pada malam hari. Pilih pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi kulit.
Biasanya, setiap brand menyediakan beberapa varian yang bisa dipilih sesuai dengan kulit wajah penggunanya. Namun yang umum yaitu facial wash untuk kulit kering dan kulit berminyak seperti dari Everwhite. Pemakaian produk Everwhite Facial wash secara teratur bisa membersihkan muka dan pori-pori sehingga lebih bersih dan cerah. Facial wash ini, sering digunakan pada pagi hari ketika bangun tidur (sebelum beraktivitas), dan pada saat mandi di sore atau malam hari sebelum tidur (setelah beraktivitas). Contohnya, kulit berminyak dan berjerawat, dapat memilih facial wash dengan kandungan salicylic acid, hyaluronic acid, atau sulfur. (Baca Juga: Skincare Untuk Mencerahkan Wajah)

3.) Toner

Jangan Asal Pakai, Ini 3 Cara Menggunakan Toner yang Benar - Jovee.id

Setelah facial wash, aplikasikan toner. Menggunakan toner pada pagi hari kerap dilewati lantaran dianggap tak terlalu penting dan hanya digunakan pada malam hari. Padahal, toner pula menjadi skincare routine yang wajib diaplikasikan pada pagi hari. Toner berkhasiat menyeimbangkan pH kulit serta membersihkan wajah dua kali lipat setelah pemakaian facial wash. Toner umumnya juga mengandung berbagai bahan aktif dengan fungsi tersendiri. Beberapa di antaranya yaitu gliserin untuk menjaga kulit tetap lembap, ekstrak herbal dan bunga sebagai antioksidan, serta niacinamide untuk kulit supaya cerah. Berdasarkan kandungan dan fungsi, jenis toner dibagi dua yaitu hydrating toner (toner pelembap) dan exfoliating toner (toner eksfoliasi). Keduanya sama-sama dapat menjadi toner yang bagus asalkan sesuai dengan kebutuhan wajah kamu.

4.) Serum

13+ Rekomendasi Serum Wajah Terbaik Buatan Lokal, Murah dan Berkualitas! |  Orami

Sama dengan toner, serum juga bisa digunakan pada pagi hari ataupun malam hari. Aplikasikan serum beberapa menit setelah toner. Serum wajah berbentuk sebotol kecil larutan gel berwarna jernih, bertekstur ringan, dan bebas minyak. Sebotol serum mengandung sejumlah bahan aktif, dari mulai berbagai vitamin dan asam, retinol untuk kulit, hingga antioksidan. Dapat dibilang, produk ini merupakan pelembap dengan tekstur yang lebih ringan. Namun, bahan-bahannya memiliki konsentrasi yang lebih tinggi sehingga dapat menembus ke bagian dalam kulit dengan lebih cepat, mudah, dan merata daripada pelembap biasa. Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulit. Untuk kulit kusam, misalnya, pilih serum yang dapat mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. (Baca Juga: Serum Untuk Mencerahkan Wajah)

5.) Moisturizer

Mengenal 7 Kandungan Zat Dalam Moisturizer yang Membahayakan Kulit - Womans  Pedia

Pelembap menjadi skincare yang wajib untuk digunakan. Pelembap berkhasiat mengembalikan protein keratin pada kulit wajah yang dapat membuat wajah tetap lembap, halus, dan sehat selama seharian. Selain itu, pelembap juga berkhasiat menutrisi kulit, menjaga elastisitas kulit, serta menjadi penghalang makeup untuk tidak langsung menempel di wajah. Aplikasikan pelembap beberapa menit setelah serum. Pastikan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, tidak memilih pelembap dengan kandungan yang rich. Gunakanlah pelembap dengan tekstur gel yang ringan. Dengan begitu, kandungannya mudah meresap ke dalam kulit. Begitupun sebaliknya, jika tipe kulitmu cenderung kering, alangkah baiknya menggunakan pelembap yang bertekstur creamy. Hal ini untuk membantu melembapkan kulit dengan baik.

6.) Sunscreen

Bingung Pilih Sunscreen yang Cocok Untuk Makeup? Ini Saran Dokter Kulit

Skincare wajib yang digunakan pada pagi hari adalah sunscreen. Tanpa menggunakan suncreen saat pagi hari, mau sebagus dan sebanyak apa pun rangkaian skincare yang kamu pakai hasilnya juga tidak akan maksimal. Tanpa menggunakan sunscreen, kulit akan terkena bahaya paparan sinar matahari karena sinar matahari itu mengandung UVA dan UVB. Sunscreen diaplikasikan beberapa menit setelah pelembap. Sunscreen berfungsi melindungi kulit wajah dari paparan dan dampak buruk sinar UV seperti kulit terbakar, bintik-bintik hitam, penuaan dini, serta kanker kulit. Pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Aplikasikan sunscreen ke seluruh wajah, termasuk kelopak mata.

7.) Sheet Mask

6 Cara Pakai Sheet Mask yang Benar, Ketahui Juga Manfaatnya untuk Wajah -  Hot Liputan6.com

Pada rangkaian skincare untuk pemula, tahapan menggunakan sheet mask sebenarnya adalah pelengkap yang dapat membantu memaksimalkan kinerja pelembap. Sheet mask biasanya mengandung cairan serum yang fungsinya hampir sama dengan moisturizer, yaitu untuk melembapkan dan menutrisi kulit.Biasanya, penggunaan sheet mask dilakukan pada malam hari. Urutannya adalah sebelum kamu memakai pelembap dan menggunakannya hanya selama 15-20 menit saja. Itu dia tahapan basic skincare untuk kamu yang baru ingin mencoba memakai perawatan wajah demi menjaga dan merawat kebutuhan kulitmu. Jangan sampai salah dalam urutan pemakaian skincare yang benar dengan demikian, manfaat dari setiap urutan pakai skincare bisa kamu dapatkan dengan optimal. (Baca Juga: Masker Untuk Mencerahkan Wajah)

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person