Kulit Perih Setelah Eksfoliasi? Wajib Banget Lakukan Cara Ini Agar Kembali Baik dan Sehat

Eksfoliasi


Eksfoliasi wajah yaitu salah satu perawatan kulit yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu meregenerasi kulit. Mengeksfoliasi wajah juga bisa membantu mengangkat komedo dan mengatasi jerawat. Eksfoliasi memang merupakan bagian rutinitas skincare yang tidak boleh terlewatkan. Namun, perlu diperhatikan frekuensinya, karena jika dilakukan berlebihan dapat membahayakan kulit dan merusak skin barrier.

Everwhite AHA BHA PHA Peeling Serum adalah produk peeling wajah yang diformulasikan khusus untuk merawat kulit. Produk facial eksfoliasi ini terbukti ampuh mengatasi permasalahan jerawat, menghilangkan noda hitam, serta membuat kulit wajah cerah dan glowing. Meskipun mengeksfoliasi wajah merupakan cara yang baik untuk merawat kulit, tetapi terlalu sering melakukan eksfoliasi wajah bisa membuat kulit iritasi dan kering.


Hal ini terjadi karena lapisan kulit terkikis oleh produk eksfoliasi, sehingga kulit jadi bermasalah. Maka dari itu, idealnya eksfoliasi wajah dilakukan sebanyak 2x saja dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membantu mempercepat proses regenerasi kulit, serta mencerahkan kulit. Jadi, jika kamu mengalami kulit perih setelah Eksfoliasi, kamu perlu melakukan tindakan yang tepat untuk memperbaiki kulit agar tidak perih.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Kulit Perih Setelah Eksfoliasi

Seperti yang kita tahu, jika kulit wajah mengalami over eksfoliasi, maka kulit wajah akan sangat kering, sangat sensitif terhadap reaksi alergi, muncul kemerahan hingga mengakibatkan kulit menjadi beruntusan dan perih. Berikut cara menyembuhkan kulit iritasi akibat over eksfoliasi:

1.) Menghentikan Eksfoliasi Sementara Waktu

Kulit Wajah Alami Stres? Atasi Dengan Bahan-Bahan Penenang Berikut Ini! -  Facetofeet.com

Karena permasalahan kulit disebabkan oleh eksfoliasi, sudah sewajarnya kamu perlu menghentikan eksfoliasi, baik dalam bentuk physical maupun chemical, hingga kulit benar-benar pulih. Selain itu, kamu juga perlu menghindari produk-produk dengan kandungan aktif seperti retinol.

2.) Menggunakan Produk Khusus untuk Kulit Sensitif

Tidak Sepenuhnya Salah, Ternyata Seperti Ini Mitos vs Fakta Kehamilan Kalau  Ibu Hamil Tak Boleh Pakai Skincare Kimia - Semua Halaman - Nakita

Bukan hanya menghindari eksfoliasi, kamu perlu mengganti rutinitas skincare kamu menjadi basic skincare dan menggunakan produk-produk yang gentle di kulit atau ramah di kulit sensitif. Hal ini dilakukan untuk menghindari iritasi yang terjadi semakin parah. Berikan waktu hingga kurang lebih satu bulan dengan rutinitas ini supaya kulit kembali normal.

3.) Menggunakan Produk Pelembap yang Fragrance Free

Sudah Terlanjur Over Exfoliating, 4 Cara Memperbaiki Kulit Agar Kembali  Baik dan Sehat Ini Bisa Kamu Lakukan

Menjaga kelembapan akan membantu kulit untuk kembali seperti sediakala. Sebab, pelembap harus selalu dikenakan. Carilah pelembap yang aman di kulit sensitif, fragrance free, serta bersifat menenangkan untuk memperbaiki kondisi kulit. Kamu juga bisa menggunakan pelembap bersifat emolien supaya kadar air dalam kulit tetap terjaga dan kulit senantiasa terhidrasi.

4.) Memberikan Kelembapan yang Ekstra pada Kulit

Basic Skincare untuk Remaja Agar Wajah Tak Mudah Berjerawat | kumparan.com

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu memberikan kelembapan ekstra dengan menggunakan face mist, Face mist yang aman digunakan untuk kulit sensitif, tanpa mengandung parfum dan alkohol, namun dapat memberikan ekstra hidrasi sehingga cocok digunakan saat proses healing seperti produk dari Everwhite AHA BHA PHA Peeling Serum. Serum exfoliating ini memiliki manfaat baik untuk menghidrasi kulit wajah, kandungan yang terdapat didalamnya ini juga bisa mengembalikan kelembapan kulit wajah.

5.) Menggunakan Basic Skincare yang Benar

Mengenal Sisi Positif dan Negatif dalam Penggunaan Skin Care | Universitas  Gadjah Mada

Cara menyembuhkan kulit iritasi akibat over eksfoliasi yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan basic skincare atau gunakan CTMP, yaitu cleanser, toner, moisturizer dan protection. Hindari skincare yang mengandung bahan aktif. Mulailah dengan produk exfoliating yang memiliki kandungan acid rendah, untuk itu kamu bisa menggunakan produk dari Everwhite AHA BHA PHA Peeling Serum.

6.) Mengunakan Tabir Surya untuk Kulit

Perlukah Pakai Tabir Surya saat di Dalam Ruangan? Ini Saran Dokter Kulit!

Setelah menggunakan produk skincare yang bisa membantu menyembuhkan over eksfoliasi, kamu juga dapat gunakan tabir surya di pagi hari dan siang hari untuk memperkuat lapisan kulit, sehingga kulit tidak iritasi pada saat terkena paparan sinar matahari. Peeling akan mengangkat sel kulit mati dengan cara pengelupasan pada kulit bagian atas. Karena itu, kulit menjadi mudah iritasi serta kemerahan usai peeling.

Kulit juga tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung, karena dapat membuat kulit kemerahan serta proses pengangkatan sel kulit mati tidak berjalan maksimal, sehingga kulit menghitam. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan aplikasikan setiap tiga atau empat jam sekali bila masih beraktivitas di luar ruangan atau wajah berkeringat. Maka dari itu, pemakaian tabir surya dan pelembap menjadi sangat penting.

Selain perih jika terlalu sering melakukan eksfoliasi, kulit juga bisa saja menjadi kering dan mengelupas bahkan kulit terasa panas. Hal ini disebabkan karena kamu terlalu sering menggosok kulit wajah dengan bahan exfoliasi yang kamu gunakan. Gesekan yang terus menerus dilakukan pada kulit dapat membuat kulit menjadi lebih perih dan panas, sehingga kulit rentan iritasi dan kering.

Tetapi, amu bisa menggunakan Everwhite AHA BHA PHA Peeling Serum untuk membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit. Serum exfoliating ini memiliki manfaat cukup baik untuk kulit, seperti mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, dan meratakan warna kulit, serta memperbaiki tekstur kulit dan mengatasi jerawat atau komedo, hal ini karena serum ini aman dan sudah teruji secara klinis.

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person