Mengenal Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mehilangkan Bekasnya

Jenis Jerawat dan Cara Mehilangkannya


Jerawat bisa dibilang lifetime enemy untuk para wanita. Meskipun kehadirannya tidak diharapkan namun jerawat pasti akan muncul di wajah tak peduli jenis kulitmu atau seberapa rajin anda merawat wajah. Masalah jerawat sepertinya tidak ada habisnya. Jerawat menjadi masalah yang paling umum terjadi pada kulit wajah. Apalagi saat ini intensitas menggunakan masker sangat tinggi, menyebabkan wajah berjerawat yang disebut dengan maskne.

Skincare menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang bagus untuk menyamarkan noda bekas jerawat, yakni produk yang berisi vitamin C, niacinamide, retinol, AHA, BHA dan masih banyak lagi seperti produk dari Everwhite yang aman digunakan untuk semua jenis kulit karena bebas dari alkohol, mineral oil, wewangian, dan pewarna buatan.

Seperti yang anda tahu, ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya jerawat ini, seperti hormon, pori-pori tersumbat, kulit berminyak, kulit wajah yang tidak dibersihkan dengan baik, tidak cocok dengan skin care atau make up baru, ataupun pori-pori wajah yang tertutup make up dan kotoran bisa menjadi penyebab mengapa jerawat bisa muncul di wajahmu.

Tapi di samping itu, tahukah anda jika faktor lingkungan tempat anda tinggal juga bisa memicu timbulnya jerawat. Apalagi jika anda tinggal di daerah perkotaan, masalah jerawat pasti akan lebih sering muncul di wajah. Namun sayangnya, masih belum banyak wanita yang belum menyadari hal ini. Faktor-faktor seperti polusi udara, penggunaan air PAM, tingkat stres yang tinggi, dan gaya hidup tidak sehat ini ternyata memainkan peran penting dalam timbulnya masalah jerawat yang tidak kunjung hilang.

Belum lagi, bekas jerawat juga membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, bahkan hingga berbulan-bulan. Bekas jerawat menjadi salah satu masalah pada kulit yang mengganggu penampilan. Bekas jerawat ini terkadang juga membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan kulit wajah sendiri. Kebanyakan orang biasanya memiliki jenis jerawat yang berbeda.

Macam-Macam Jenis Jerawat yang Paling Umum Terjadi

1. Komedo hitam (blackheads)

Komedo hitam adalah jenis jerawat yang naik ke permukaan kulit dengan ujung jerawat berwarna hitam. Warna hitam pada ujung jerawat disebabkan oleh pigmen kulit yang meningkat, bukan karena kotoran atau debu, sehingga tidak dapat dibersihkan. Jerawat ini dapat muncul di mana saja, wajah, punggung, hingga dada. Bentuk jerawat ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, produksi minyak berlebih, dan bakteri tersumbati.

2. Komedo putih (whiteheads)

Jika pori-pori menutup dan Anda melihat benjolan kecil yang berwarna putih atau berwarna daging, ini adalah komedo putih atau whiteheads. Salah satu penyebab bentuk jerawat ini muncul adalah perubahan hormon. Pada masa-masa tertentu, yakni masa pubertas dan haid, jumlah sebum atau minyak diproduksi pori-pori Anda meningkat. Alhasil, pori-pori pun tersumbat dan memicu komedo putih. Komedo yang tertutup ini juga dapat terjadi di daerah yang mengalami banyak gesekan, seperti dagu atau garis rahang.

3. Papula

Papula adalah benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Pada orang-orang yang mengalami jerawat ini mereka lebih besar, Tipe jerawat yang satu ini terjadi karena penyumbatan tidak sampai ke permukaan kulit dan sel kulit mati terus menumpuk. Akibatnya, folikel rambut pun mengalami tekanan yang dapat menyebabkan dinding folikel pecah. Apabila hal tersebut terjadi, sebum dan bakteri yang terjebak akan menyebar ke jaringan sekitar.

Hal ini yang akhirnya dapat memicu kemerahan, bengkak, dan rasa nyeri pada jerawat papula. Jerawat papula biasanya muncul ketika komedo, baik komedo hitam maupun putih, dibiarkan begitu saja. Alhasil, peradangan pada komedo pun terjadi dan menyebabkan iritasi pada sel kulit di sekitarnya.

Bekas jerawat memiliki dua jenis, yaitu bekas jerawat permanen, yaitu athropic scars, hypertrophic scars, keloid, dan bekas jerawat sementara, yaitu PIE dan PIH, yang bisa hilang dengan sendirinya dengan regenerasi kulit. Dengan penanganan yang tepat, bekas jerawat bisa dihilangkan dengan lebih cepat, kita perlu tahu bekas jerawat yang kita miliki termasuk Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) atau Post-Inflammatory Erythema (PIE).

1. Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)

Bekas jerawat PIH yaitu bekas jerawat yang meradang dan memproduksi melanin atau pigmen berlebih sehingga bekas jerawat ini berwarna cokelat atau kehitaman. Biasanya orang yang mempunyai bekas jerawat PIH memiliki kulit gelap karena aktivitas melanocytes atau sel yang memproduksi melanin lebih banyak. Selain akibat jerawat, PIH juga terjadi akibat paparan sinar matahari yang dapat membentuk sunspots pada kulit.

Cara Menghilangkan PIH :

Setelah mengetahui penyebabnya, anda juga bisa menghilangkannya secara tepat. Namun, kunci dari menghilangkan bekas jerawat yaitu kesabaran dan konsistensi. Penanganannya dilakukan dengan menggunakan ingredients yang bisa mengurangi pigmentasi atau produksi melanin, seperti retinol (vitamin A), niacinamide (vitamin B3), vitamin C, arbutin, azelaic acid, kojic acid.


Regenerasi kulit untuk menghilangkan PIH juga bisa dipercepat dengan bahan-bahan eksfoliasi, yaitu AHA (glycolic acid, lactic acid, dan mandelic acid). Yang terdapat dalam Everwhite Acnepair Cream Produk ini dapat di andalkan mampu menghilangkan bekas jerawat, dan juga dapat mencerahkan wajah. Produk ini juga dapat membantu mengontrol minyak pada kulit wajah, dan membuat kulit tetap menjadi lembap.

2. Post-Inflammatory Erythema (PIE)

Bekas Jerawat PIE, inflamasi yang terjadi meninggalkan bekas warna kemerahan atau keunguan pada kulit. Ini disebabkan karena saat adanya inflamasi, pembuluh darah yang mendekati permukaan kulit membesar, baik karena jerawat meradang, memencet jerawat, atau sinar matahari. Berbeda dengan PIH, PIE biasanya dialami oleh mereka yang mempunyai warna kulit cerah. Walaupun begitu, ini tidak menutup kemungkinan semua warna kulit bisa mengalami PIH dan PIE.

Cara Menghilangkan PIE :

Bekas jerawat PIE terjadi disebabkan adanya pembesaran pembuluh darah sehingga treatment yang berbeda dengan PIH perlu dilakukan. Cara terbaik untuk mengobati PIE dengan cepat yaitu dengan laser treatment. Namun, bisa juga dengan cara mengaplikasikan ingredients yang baik untuk mengobati skin-barrier kulit, seperti ceramide, niacinamide, cholesterol, tranexamic acid.


Bahan-bahan yang bersifat anti-inflammatory cocok untuk digunakan, seperti Everwhite Niacinamide Brightening Serum yang memakai niacinamide sebagai kandungan utama dari produk ini, sehingga dapat menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan berbagai macam banyak masalah kulit. Tak perlu cemas dengan keamanannya, produk lokal ini telah terdaftar di BPOM dan dilengkapi dengan informasi expired date yang jelas.

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person