Retinol Bikin Iritasi? Simak Penjelasannya Disini!

Retinol Bikin Iritasi Simak Penjelasannya Disini!


Apa Benar Retinol Bikin Iritasi? Ini Penjelasannya!


Retinol adalah jenis vitamin A yang dikenal keampuh dalam mengatasi sekaligus mencegah dan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Tapi, sebenarnya manfaat retinol lebih dari sekedar antiaging saja. Meskipun memiliki banyak manfaat, tapi pemakaiannya tidak bebas dari efek samping.

Biasanya, retinol memberikan efek samping yaitu kulit menjadi kering dan iritasi, terutama ketika baru mencoba menggunakan retinol. Efek samping retinol yang lain seperti kulit menjadi merah, timbulnya rasa gatal dan pengelupasan kulit. Berbeda dengan granactive retinoid yang berasal dari asam retinoat, dimana memiliki cara kerja yang sama dengan retinol namun menghasilkan sedikit iritasi atau bahkan tanpa iritasi dan tidak menyebabkan kulit kering. Bahkan sudah banyak produk-produk skincare yang menggunakan bahan ini sebagai salah satu keunggulan dari produk mereka.

Lantas, apa saja manfaat retinol? Berikut manfaat serum retinol untuk kulit.

Ingin Berdandan Meski Punya Rosacea? Simak Dulu Anjurannya, Ya! - Beauty  Journal

1.) Mengatasi rosacea atau warna kulit memerah

Manfaat retinol bisa mengatasi masalah kulit yang ditandai dengan warna kulit memerah. Penyakit kulit ini biasanya dialami oleh perempuan pada rentang usia 30 sampai 50 tahun bagian tubuh yang seringkali diserang yaitu pipi, dagu, hidung, dan dahi.

Selain menimbulkan efek kemerahan pada kulit, rosacea pula bisa menimbulkan benjolan kecil berwarna merah dan berisi nanah. Pembuluh darah yang berada di bawah kulit juga terlihat dengan jelas terkadang juga diiringi dengan terdapatnya masalah pada mata seperti iritasi, mata kering, bengkak, dan kelopak mata merah disertai bengkak. Penggunaan retinol dipercaya dapat menjadikan kulit lebih sehat sebab peredaran darah lebih lancar. Para Dermatologist menyarankan pemakaian retinol untuk rosacea dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam sepekan secara rutin.

5 Skincare Lokal untuk Memperbaiki Tekstur Kulit

2.) Memperbaiki tekstur kulit dan melembapkannya

Manfaat retinol yang kedua yaitu bisa memperbaiki tekstur kulit dan melembapkannya. Biasanya pergantian kulit mempunyai siklus dalam waktu 3-4 pekan lamanya. Seiring dengan pertambahan usia, siklus tersebut bisa jadi memakan waktu lebih lama.

Siklus pergantian kulit yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit kering dan terasa kasar. Pemakaian retinol secara rutin, tentunya dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Di samping itu, retinol juga dapat meningkatkan hidrasi kulit, sehingga wajah tidak tampak kering dan kasar.

Ingin Menghilangkan Milia pada Wajah? Lakukan 6 Pengobatan Sederhana Ini  Dijamin Ampuh - Potensi Bisnis

3.) Bisa menghilangkan milia

Manfaat retinol selanjutnya yaitu bisa menghilangkan milia. Milia yaitu benjolan-benjolan kecil yang ada pada kebanyakan kasus, tumbuh di sekitar dahi, hidung, dan kelopak mata. Serum retinol, khususnya dari jenis tretinoin, diyakini bisa ampuh membantu menghilangkan milia.

Dengan adanya retinol, tekstur kulit akan lebih rata karena milia terkikis dan mencegah pertumbuhan benjolan-benjolan baru.

Warna Kulit Tidak Rata? Ini 7 Tips Mengatasinya Secara Alami - Hot  Liputan6.com

4.) Meratakan warna kulit

Salah satu manfaat retinol, yaitu dapat mengatasi hiperpigmentasi kulit. Hiperpigmentasi merupakan kondisi munculnya bercak gelap pada kulit akibat adanya produksi melanin secara berlebihan. Melanin sendiri adalah pigmen pemberi warna kulit pada setiap kulit tubuh kita.

Semakin tinggi melanin pada kulit, semakin gelap warna yang dihasilkan. Masalah hiperpigmentasi umumnya muncul sebab kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Pemakaian skincare yang mengandung retinol dapat membantu meratakan warna kulit dengan membantu regenerasi sel kulit dan menghambat produksi melanin. Hal ini menyebabkan kulit bisa terlihat lebih sehat, cerah, dan merata.

Yuk, Mengenal Penyakit Psoriasis Lebih Jauh - KlikDokter

5.) Mengendalikan gejala psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel kulit baru yang terlalu cepat. Akibatnya, sel kulit baru akan terus menumpuk di permukaan hingga membentuk bercak tebal yang berwarna merah dan bersisik.

Retinol jenis tazarotene mempunyai manfaat khusus untuk penderita psoriasis, yaitu dapat mengendalikan psoriasis dengan cara memperlambat pertumbuhan sel kulit, meredakan bengkak dan kemerahan, mengatasi psoriasis pada kuku, dan menipiskan lapisan kulit yang tebal dan bersisik.

Cara Hidup Sehat Untuk Menunda Penuaan Dini

6.) Menunda penuaan

Manfaat selanjutnya, retinol mampu menunda penuaan. Seiring dengan pertambahan usia membuat produksi kolagen di dalam tubuh akan semakin berkurang sementara itu, manfaat kolagen bagi kesehatan kulit membuat kulit terasa lebih kenyal dan tampak awet muda.

Penggunaan retinol selama berbulan-bulan secara rutin bisa memiliki manfaat menghaluskan garis-garis halus, kerutan pada wajah, serta menghambat tanda-tanda penuaan. Hal ini disebabkan karena retinol bisa membantu tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen dan merangsang aliran darah di bawah kulit selain untuk memperlambat penuaan, manfaat retinol juga dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV matahari.

5 Cara Mengatasi Jerawat Meradang dengan Efektif - Digstraksi

7.) Mengatasi jerawat

Manfaat retinol yang terakhir yaitu bisa membantu mengatasi jerawat. Retinol dapat membuka pori-pori kulit sehingga obat jerawat bisa terserap dengan baik ke dalam kulit. Selain itu, retinol pula bisa  mengontrol produksi minyak berlebih, sekaligus membersihkan tumpukan keringat, kotoran, dan sisa make up yang bisa menyumbat pori-pori kulit.

Nah, pori-pori kulit yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat. Sehingga, salah satu manfaat retinol adalah mampu mencegah munculnya jerawat.

Bagi kamu yang ingin merasakan setiap manfaat yang ditawarkan oleh retinol, kamu bisa menggunakan serum retinol terbaik seperti Everwhite Granactive Retinoid, serum ini dapat menjaga keremajaan kulit. Memiliki bahan aktif Granactive Retinoid 2%, Peptide, dan Hyaluronate.

Jual Everwhite Granactive Retinoid Multiaction Serum - All in One Skin  Problem 15ml | Shopee Indonesia

Everwhite Granactive Retinoid ini diklaim mampu mengatasi permasalahan seputar penuaan Granactive Retinoid bisa menyamarkan kerutan, garis-garis halus pada kulit sekaligus membantu meminimalisir noda bekas jerawat dan penampakan pori-pori yang besar. Selain retinol, di dalam serum ini juga terdapat kandungan andalan Hyaluronate. Kandungan ini akan memberikan hidrasi dan merevitalisasi skin barrier.

Sama seperti retinol, Hyaluronate juga mampu merawat kelembaban dan kehalusan kulit, sehingga kulit tampak cerah. Terkandung juga peptide yang mendukung kinerja retinol dalam mengencangkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, serta membantu meningkatkan produksi collagen. Everwhite Granactive Retinoid Serum diformulasikan khusus untuk tekstur kulit. Everwhite Granactive Retinoid dapat membuat kulit cantik dan sehat.

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person