Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak Agar Tidak Berjerawat

Kulit Berminyak Berjerawat


Jenis kulit wajah untuk setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit kering, normal, berminyak, sensitif, dan kombinasi. Setiap jenis kulit memerlukan perawatan yang berbeda sebab kebutuhan kulit juga berbeda. Produk perawatan wajah untuk kulit berminyak tidak sama dengan kulit kering. Kulit berminyak cenderung mudah berjerawat terlebih jika anda salah melakukan perawatan.

Kulit wajah berminyak sering dirasa mengganggu, karena menimbulkan berbagai keluhan. Tidak hanya membuat wajah terlihat mengilap, kulit berminyak juga rentan berjerawat. Salah satu cara merawat kulit berminyak tampak bersih dan bebas jerawat yaitu mencuci muka dengan benar. Produksi sebum atau minyak berlebih di wajah merupakan asal mula penyebab jerawat.

Dengan perawatan wajah yang sesuai, serta langkah-langkah yang tepat, wajahmu bisa dipastikan akan bebas dari jerawat. Merawat kulit wajah berminyak memang cukup sulit. Namun, dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat, anda bisa membersihkan wajah dari pori-pori tersumbat dan minyak berlebih. Berikut ini beberapa tips merawat kulit berminyak supaya tidak mudah berjerawat.

1. Menggunakan Blotting Paper (kertas minyak)

Cara mengatasi kulit berminyak saat beraktivitas di siang hari bisa dengan menggunakan blotting paper atau kertas minyak. Ini berfungsi untuk menyerap minyak dari kulit.  Fungsi kertas minyak wajah memang tidak dapat mengontrol produksi sebum pada kulit.  Namun, cara merawat muka berminyak ini bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit sepanjang hari supaya wajah tidak terlalu mengilap.

2. Rutin Mencuci Wajah

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, mencuci wajah secara rutin dapat menjadi salah satu cara mengatasi wajah berminyak. Pemilik kulit wajah berminyak wajib mencuci wajah maksimal 2 kali sehari. Anda bisa mencuci wajah dengan sabun di pagi hari dan melakukan double cleansing di malam hari.  Menggunakan sabun wajah yang lembut dan tidak mengandung alkohol atau parfum. Di malam hari anda dapat melakukan double cleansing dengan terlebih dahulu menghapus kotoran dan sisa make up menggunakan micellar water atau cleansing oil. Kotoran dan sisa make up bisa menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat, jadi anda perlu melakukan double cleansing agar kulit wajah bersih maksimal.

3. Menggunakan Pelembap

Meskipun kulitmu berminyak sehingga terkesan lembab, anda masih perlu menambahkan pelembab untuk merawat kulit. Pelembab membantu menyeimbangkan kadar air di kulit sehingga mampu mengontrol produksi minyak supaya tidak berlebih. Menggunakan pelembab secara rutin di siang hari dan malam hari. Anda bisa memilih pelembab yang memiliki tekstur gel ataupun lotion. Pastikan pelembap anda tidak mengandung oil dan tidak bersifat comedogenic.

4. Menggunakan Toner

Tips mengatasi wajah berminyak berikutnya yaitu menggunakan toner. Anda bisa memilih toner untuk kulit berminyak dengan kandungan alkohol untuk membuat kulit wajah sedikit lebih kering. Anda bisa juga coba menggunakan toner dengan astringent alami, seperti Everwhite Acne pair Toner yang mengandung AHA mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan mencerahkan kulit wajah yang kusam. BHA dapat mengangkat sel kulit mati higga ke pori-pori kulitmu dan mengontrol produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab jerawat dan juga mampu menenangkan kulit dan mengatur produksi sebum di wajah.

5. Menggunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen sebenarnya penting untuk semua jenis kulit wajah termasuk kulit berminyak. Sunscreen dapat berfungsi untuk mencegah efek buruk sinar matahari yang dapat merusak kulit sehingga membuat kulit mengalami penuaan dini. Pada kulit berminyak, paparan sinar matahari dapat membuat komedo semakin terlihat. Maka dari itu, anda perlu menggunakan sunscreen termasuk di dalam ruangan. Ketika memilih sunscreen, anda harus memerhatikan jenis dan tekstur sunscreen agar tidak membuat kulit terlihat lebih oily. Anda bisa memilih sunscreen yang memiliki tekstur seperti lotion dan membuat hasil akhir terlihat matte.

6. Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi penting untuk dilakukan oleh anda yang memiliki wajah berminyak untuk mengurangi sumbatan di pori yang diakibat menumpuknya kotoran dan sel kulit mati. Jika dibiarkan, penyumbatan pori akibat kotoran tersebut mampu memicu timbulnya jerawat dan komedo. Anda bisa melakukan eksfoliasi secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Eksfoliasi bisa anda lakukan dengan melakukan scrubbing sendiri atau melakukan eksfoliasi oleh tenaga ahli di klinik kecantikan. Namun tidak disarankan untuk melakukannya secara berlebihan. Jika terlalu berlebihan melakukan eksfoliasi, bisa-bisa kulit mengalami iritasi.

7. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kebiasaan ini dapat menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri yang berpindah dari tangan Anda ke wajah. Anda hanya boleh menyentuh wajah saat membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan kulit wajah. Namun, pastikan kedua tangan Anda sudah bersih sebelum menyentuh wajah supaya kesehatan kulit wajah tetap selalu terjaga.

8. Makan Makanan Yang Sehat

Kondisi kulit yang berminyak bisa semakin parah jika anda memilih jenis makanan yang salah. Untuk mencegah produksi minyak yang semakin banyak, anda bisa mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan mengandung antioksidan. Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya serat dan vitamin. Makanan yang berasal dari gandum utuh juga baik untuk kulit karena kaya serat. Dan yang paling penting, jangan lupa banyak minum air putih minimal 2 liter per hari.

Rekomendasi Serum untuk Kulit Wajah Berminyak

Tidak sedikit orang yang masih belum menemukan cara atau produk yang tepat untuk merawat kulit berminyak. Kalau anda memiliki tipe kulit seperti ini, anda harus pintar-pintar dalam memilih skincare karena jika salah dapat membuat kulit semakin berminyak. Kami rekomendasi serum pencerah wajah yang juga cocok digunakan pada kulit berminyak yang bisa anda coba seperti Everwhite Cica Soothing Serum.


Serum viral yang satu ini memang sudah terbukti manfaatnya dalam menutrisi kulit. Everwhite Cica Soothing Serum ini hadir dengan kemasan seperti serum pada umumnya, yaitu botol kaca yang disertai dengan pipet. Meskipun kemasannya terlihat biasa saja, ternyata botol kaca yang dimiliki oleh Everwhite Cica Soothing Serum ini jauh lebih tebal dan aman untuk dibawa bepergian.

Kandungan yang terdapat dalam Everwhite Cica Soothing Serum sangat menarik untuk anda yang ingin mendapatkan kulit cerah, halus, dan bebas jerawat. Everwhite Cica Soothing Serum memiliki kandungan utama centella asiatica (CICA), hyaluronic acid, niacinamide, dan hexamidine.

  • Centella asiatica (CICA): kandungan yang mampu melembapkan kulit, melembutkan kulit, menutrisi kulit, mengencankan dan meremajakan kulit, serta meningkatkan produksi kolagen.
  • Glycyrrhiza: kandungan yang dapat mencerahkan dan menyembuhkan jerawat kemerahan.
  • Hyaluronic acid: kandungan yang dapat mempercepat menghindrasi dan menenangkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, memperbaiki tekstur kulit, mencegah penuaan, dan melawan radikal bebas.
  • Niacinamide: kandungan yang dapat mencerahkan wajah, mengatasi jerawat, dan mencegah penuaan.
  • Hexamidine: kandungan yang ampuh untuk mengatasi jerawat

Jika serum pada umumnya memiliki konsistensi seperti air, Everwhite Cica Soothing Serum ini justru berbeda. Serum ini hadir dengan konsistensi yang hampir menyerupai gel sehingga tidak mudah tumpah dan lebih terasa di kulit. Konsistensi seperti ini juga membuat produk lebih mudah ditakar dan efisien. Selain itu, serum ini juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih, mengurangi kerutan, dan bekerja sebagai antioksidan serta anti pollution.

Disclaimer : The Effectiveness of the product will vary, depending on natural disposition of each person